Pemetaan SK-KD
Nama Sekolah : SMP LABORATORIUM UNDIKSHA
Mata
Pelajaran : Seni Musik
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Alokasi Waktu :
Kompetensi
Inti
|
Kompetemsi
Dasar
|
Tinggat
Ranah
|
Indikator
pencapaian Kompetensi
|
Tingkatan
Ranah IPK
|
Materi
Pokok
|
Ruang
Lingkup
|
Alokasi
Waktu
|
|
KI. 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa
keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
KD. 1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
KD. 2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung
jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas Berkesenian
KD.
2.2 Menunjukkan sikaptun,jur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan
pembuatnya.
KD.
2.3 Menunjukkan sikap responsif dan proaktif, peduli terhadap lingkungan dan
sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
KD.
3.1 Memahami bahan, media dan teknik
dalam proses berkarya seni rupa
KD.
3.2 Menerapkan jenis, simbol dan
nilai estetis dalam konsep seni rupa.
|
A5 -
-
-
A5
-
A5
-
A5
-
C2
-
C3
-
-
-
-
-
-
-
|
Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
Mengidentifikasi
secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat
Melatih aransemen lagu etnik setempat secara
perorangan atau kelompok
Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara perorangan atau kelompok.
Menunjukkan prilaku
berkarakter ,meliputi : disiplin, jujur, kreatif, peduli budaya,
peduli sosial, cinta tanah air,semangat kebangsaan dan tanggung jawab.
Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
Mengidentifikasi
secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat
Melatih aransemen lagu etnik setempat secara
perorangan atau kelompok
Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara perorangan atau kelompok
Menunjukkan prilaku
berkarakter ,meliputi : disiplin, jujur, kreatif, peduli budaya,
peduli sosial, cinta tanah air,semangat kebangsaan dan tanggung jawab.
Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai
dengan fungsinya
Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya
musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya
Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat
Menunjukkan prilaku
berkarakter ,meliputi : disiplin, jujur, kreatif, peduli budaya,
peduli sosial, cinta tanah air,semangat kebangsaan dan tanggung
jawab.
|
C1
C1
C4
C2
C1
C1
C1
P2
C2
C1
C1
C2
C1
C1
|
Pengenalan ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat.
Pengenalan ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat.
Tanggapan tentang karya musik Nusantara
|
·
Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang
diperdengarkan
·
Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu etnik
yang diperdengarkan
·
Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap
ditampilkan
·
Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik
(sumber suara) yang dipilih
|
12 jam
|
Audio visual/
pertunjukan musik etnis
Buku teks
Alat musik Rekorder/
sumber bunyi
Buku Lks
|
Guru Mata Pelajaran
Singaraja, 9 Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA
I Made Suantara, S.Pd.
IG. A. A. Eka Putri Oktopiani
(Tugas 11, Tanggal 19
Desember 2016, Telaah Kurikulum)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar