Silabus
dan Kata Kerja Operasional
Satuan Pendidikan : SMP Laboratorium Undiksha
Kelas :
VII (Tujuh)
Kompetensi Inti :
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mengindentifikasi jenis lagu
daerah setempat
3.2.
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu
daerah setempat
|
Pengenalan
ragam lagu etnik Nusantara daerah
setempat
|
TM
·
Mengkaji
elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat
dengan disiplin, jujur dan
tanggungjawab.
·
Mendengarkan lagu etnik
daerah setempat dengan disiplin,
peduli budaya, dan cinta tanah air.
·
Menyaksikan pertunjukan lagu etnik daerah setempat
dengan peduli sosial, peduli budaya,
cinta tanah air, semangat kebangsaan dan disiplin.
PT
·
Mempresentasikan hasil diskusi secara berkelompok
dengan disiplin, jujur, semangat
kebangsaan dan tanggungjawab.
·
Menyanyikan lagu (pemainan pergaulan) yang ada
di daerah setempat secara perorangan dengan kreatif, peduli budaya,
cinta tanah air dan semangat kebangsaan.
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari daerah
setempat
·
Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,
tempo,nada,dinamika dan dari lagu
daerah setempat
·
Menampilkan lagu (pemainan pergaulan) yang ada
di daerah setempat
·
Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan
dari lagu yang didengar
Menunjukkan
prilaku berkarakter ,meliputi :
disiplin, jujur, kreatif, peduli budaya, peduli sosial, cinta tanah air,
semangat kebangsaan dan tanggungjawab.
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
Tes
identifikasi
Tes
identifikasi
|
Bagaimana pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan
Berikan tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat
|
10
jam
|
Audio visual
Buku teks
Alat musik
Rekorder/
sumber bunyi
Buku LKS
|
(Tugas 9, Tanggal 28
November 2016, Telaah Kurikulum)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar