LULUSAN S1 KEPENDIDIKAN
AKADEMIK
- Telah menguasai konsep dan landasan kependidikan
- Telah menguasai bidang study dan mampu mengemas bidang study untuk pembelajaran
- Telah memahami peserta didik secara baik
- Telah menguasai pengetahuan tentang pembelajaran dengan segala aspeknya
PROFESIONAL
- Telah memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan segala aspeknya ( sekalipun belum sempurna )
KOMPETENSI GURU
- KOMPETENSI PEDAGOGIK
Kompetensi pedagogic adalah
kemampuan pemahaman terhadap peserta didik , perancangan dan pelaksanaan
pembelajaran, evaluasi hasil belajar,
dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang
dimilikinya. Sub kompetensi dalam kompetensi pedagogik adalah:
1. Memahami
peserta didik secara mandalamyang meliputi peserta didik dengan memanfaatkan
prinsip-prinsip kognitif, prinsip-prinsip kepribadian dan mengidentifikasi
bekal ajar awal peserta didik.
2. Merancang
pembelajaran termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi
memahami landasan pendidikan,
menerapkan teori belajar dan pembelajaran,
menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta
didik, kompetensi tang ingin yang ingin diajar dan materi ajar, serta menyusun
rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
3. Melaksanakan
pembelajaran yang meliputi menata latar (setting) pembelajaran dan
melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
4. Merancang
dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil
belajar berkesinambungan dengan berbagai metode menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan
belajar(mastery level), dan memanfaatkan hasil pembelajaran, untuk perbaikan
kualitas program pembelajaran secara umum.
5. Mengembangkan
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi
memfasilitasi peserta didik untuk
pengembangan berbagai potensi nonakademik
- KOMPETENSI KEPRIBADIAN
Kompetensi kepribadian adalah
kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap,stabil,dewasa,
arif dan berwibawa. Menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
Sub kompetensi dalam kompetensi kepribadian adalah:
1. Kepribadian
yang mantap dan stabil meliputi bertindak sesuai dengan norma social, bangga
menjadi guru, dan memiliki konsistensi dalam bertiandak sesuai dengan norma.
2. Kepribadian
yang dewasa yaitu menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan
memiliki etod kerja sebagai guru.
3. Kepribadian
yang arif adalah menampilkan tindakan yang berdasarkan pada kemanfaatan peserta
didik,sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berfikir dan
bertindak
4. Kepribadian
yang brwibawa meliputi prilaku yang
berpengaruh positif pada peserta didik
dan memiliki prilaku yang disegani.
5. Berakhlak
mulia danmenjadi teladan meliputi
bertindak berdasarkan norma religious (IMTAQ, JUJUR, IKHLAS, SUKA MENOLONG) dan
memiliki perilaku yang diteladani oleh peserta didik.
- KOMPETENSI PROFESIONAL
Kompetensi professional adalah penguasaan
materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mencangkup penguasaan materi
kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi
materinya, serta pengauasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
1. Menguasai
materi, struktur, konsep dan pola piker keilmuan yang mendukung pelajaran yang dimampu.
2. Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar
mata pelajaran atau bidang pengembangan yang diampu.
3. Mengembangkan
materi pelajaran yang dimampu secara kreatif
4. Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
5. Memenfaatkan
TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
- KOMPETENSI SOSIAL
Kompetensi sosial adalah
kemampauan guru berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik,
tenaga kependidikan, orang tua atau wali peserta didik dan masyarakat sekitar
1. Bersikap
inklutif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminitif karena pertimbangan
jenis klamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status
sosial.
2. Berkomunikasi
secara efektif, empatik, dan santun dengan sesame pendidik, tenaga
kependidikan, orang tua dam mas
3. yarakat.
4. Beradaptasi
di tempat bertugas diseluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya
5. Berkomunikasi
dengan lisan maupun tulisan.
Sumber:
http://kompetensi.info/kompetensi-guru/empat-kompetensi-guru.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar