Minggu, 25 September 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK, TUGAS 1, TGL 25-09-2016



Psikologi perkembangan

psikologi berasal dari kata yunani “pysche” yang berarti jiwa dan “logos” yang berarti ilmu. Jika didefinisikan,psikologi adalah ilmu tentang jiwa. Disinilah terjadi perdebatan, jiwa itu ruh, ruh itu bersifat abstrak, apa mungkin seseorang mengkaji ruh? Maka dari itu,definisi psikologi diganti menjadi ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Tingkah laku bisa diamati sedangkan ruh tidak dapat diamati.
Ilmu psikologi sudah merambah keberbagai bidang yang lain seperti,industry olahraga dan lain-lain, namun dalam dunia psikologi, ada sepuluh jenis psikologi yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Psikologi umum
psikologi umum adalah ilmu tentang tingkah laku manusia pada umumnya. Keadaan emosi itelejensi, memori. Pembentukan karakter, kepribadian dan lain-lain. Psikologi umum ini hampir mencangkup hampir seluruh macam-macam psikologi, tapi hanya penjelasan pada umumnya saja.

  1. Psikologi faal
Psikologi faal adlah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kaitanya dengan fungsi dan kerja alat-alat dalam tubuh. Misalnya mempelajari bagaimana otot seseorang bekerja ketika seorang tersebut meluapkan rasa marah, senang atau sedih
.
  1. Psikologi kepribadian
Psikologi kepribadian mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kepribadian adlah cara individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian merupakan hasil dari perkembangan individu dari sejak kecil dan  bagaimana cara individu itu sendiri berinteraksi sosial dengan lingkungannya. 

  1. Psikologi klinis
Psikologi klinis mempelajari tentang bagaimana cara memahimi mencegah dan memulihkan keadaan psikogis seseorang kearah normal.  misalnya seorang yang terkena depresi, tindakan apa yang harus dilakukan untuk menangani hal tersebut dan bagaimana menangani dia dari depresi. 

  1. Psikologi konseling
Psikologi konseling adalah mempelajari tentang hubungan terapis dengan klien. Mudahnya seperti konsultasi bagaimana kita menghadapi karakter klien yang berbeda-beda dan bagaimana kita menyampaikan imformasi yang baik pada klien.

  1. Psikologi abnormal
Psikologi abnormal mempelajari tentang kebiasaan-kebiasaan individu yang menyimpang dari kebiasaan normal. Seperti homoseksual,lesbi, clepto, psikopat, dll. 

  1. Psikologi pendidikan
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Psikologi ini berkaitan tentang bagaimana siswa belajar dan berkembang. Seperti pendidikan yang diberikan oleh guru, masyarakat dan juga orang tua. Semuanya akan saling berinteraksi, misalnya, mengapa ada anak yang rajin dan malas, factor-faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut?.

  1. Psikologi diagnostik
Psikologi diagnostik adalah studi ilmiah tentang berbagai metode untuk membuat diagnosis psikologis dengan tujuan supaya dapat memperlakukan manusia dengan lebih tepat. Psikodoagnostik adalah metode yang digunakan untuk menetapkan klainan-kelainan psikis dengan tujuan untuk dapat memberikan pertolongan secara tepat dan akurat. Jadi ibaratnya seperti memberikan lebel antara seseorang yang psikologisnya normal dengan psikologisnya yang telah terganggu.

  1. Psikologi industry
Psikologi industry adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia ditempat kerja, ilmu ini berfokus pada pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja,produktifitas, stress kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran, rencana alat kerja dan berbagai masalah lainnya.

  1. Psikologi perkembangan
Psikologi perkembangan factor-faktor perkembangan manusia sejak lahir hingga pada lanjut usia. Misalnya pembentukan karakter, seperti yang kita tau, karakter setiap orang berbeda-beda, ada yang keras kepala, pemalu, pemberani dll. Psikologi perkembanagan lebih menjelaskan mengapa karakter-karakter seterti itu bisa ada pada seseorang.  

TAHAPAN PERKEMBANGAN MANUSIA periode Masa Pre-Natal dan Post-Natal

Tahapan perkembangan manusia dibagi menjadi dua, yaitu sebelum dilahirkan ( Pre-Natal ) dan sesudah dilahirkan ( Post-Natal ). Sebelum dilahirkan (pre-natal), manusia mengalami tahapan embrio. Tahapan ini dilalui oleh manusia dirahim ibunya selama masa kehamilan (gestasi). Setelah dilahirkan (post-natal), manusia melalui tahapan-tahapan yang disebut masa balita, masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa dan masa manula. Setiap tahapan tersebut memiliki ciri tersendiri.

  1. PERKEMBANGAN MANUSIA DALAM KANDUNGAN (Masa Pre-Natal)
Tahapan embrio terjadi selama manusia masih ada dalam kandungan. Embrio berasal dari zigot yang dihasilkan pada proses pembuahan. Zigot kemudian membelah berkali-kali hingga terbentuk embrio. Pada tahap perkembangan selanjutnya, embrio akan dibungkus oleh beberapa selaput dan terbentuklah plasenta. Plasenta berfungsi untuk mendapatkan makanan dari ibunya. Embrio ini kemudian disebut janin (fetus).masa janin berlangsung sampai dengan sesaat sebelum lahir. Pada masa janin, terjadi proses penyempurnaan jaringan-jaringan dan organ-organ dalam serta terjadi pertumbuhan tubuh yang pesat.
            Pertumbuhan dan perkembangan janin dibagi dalam tiga tahapan utama, yaitu sebagai berikut.
Triwulan I, diawali dengan pembentukan zigot sampai janin berusia tiga bulan. Pada masa ini, perkembangan terpusat pada organ seperti otak, jantung dan paru-paru.
Triwulan II, ( Bulan keempat,kelimadan keenam), pertumbuhab terpusat pada anggota tubuh seperti kaki, tangan, dan jari-jari.
Triwulan III, pertumbuhan telah lengkap. Seandainya janin terpaksa dilahirkan , ia dapat hidup dan dibesarkan diluar Rahim dengan menggunakan alat pemanas yang suhunya diatur seperti suhu dalam kandungan ibunya.
 Tahapan perkembangan manusia dalam kandungan ibu , kurang lebih berlangsung selama 266 hari( 36 minggu atau sekitar 9 bulan). Proses pembentukan danperkembangan otak berlangsung didalam Rahim. Ini berarti masa kehamilan merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan kecerdasan bayi sebelum dilahirkan. 

  1. PERKEMBANGAN MANUSIA SETELAH DILAHIRKAN (POST-NATAL)
Setelah berada diluar kandungan ibu, bayi mengalami proses perkembangan meliputi masa balita, masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa, dan akhirnya memasuki masa manula. 

MASA BALITA ( 0-4 TAHUN )

Masa balita ( dibawah lima tahun) merupakan awal pertumbuhan diluar Rahim. Perkembangan yang penting terjadi pada masa neonates (0-30 hari) serta masa (0-4 tahun). Pada masa ini terjadi pertumbuhan yang sangat cepat. Ketika masih didalam Rahim, pertukaran gas terjadi di plasenta. Akan tetapi ketika bayi berada di luar Rahim, paru-paru mulai berfungsi sehingga pertukaran gas terjadi melalui paru-paru. Didalam Rahim, suhu tubuh konstan (tetap). Diluar Rahim, bayi mendapat pengaruh dari suhu lingkungan yang berubah-ubah. Kekebalan tubuh balita belum berkembang, karena itu balita mudah terkena serangan penyakit. Oleh karena itu, perawatan balita memerlukan perhatian khusus. Kekebalan balita dapat terbentuk meleui imunisasi.

MASA KANAK-KANAK (5-10 TAHUN)

Masa kanak-kanak adalah lanjutan dari balita. Pada masa kanak-kanak telah diproduksi hormone seks namun jumlahnya masi sedikit/masih rendah. Hormone adalah senyawa kimia yang dihasilkan oleh kelenjar buntu.hormon beredar pada darah untuk mempengaruhi proses fisiologis dan perkembangan tubuh. Pada masa kanak-kanak mengalami pertumbuhan fisik dan mental cepat, sehingga perlu gizi cukup dan lingkungan yang baik. 

MASA RENAJA/ADOLESENS ( 10-19 TAHUN)

Masa remaja termasuk masa yang menentukan, karena masa remaja anak-anak mengalami banyak perubahan pada psikis dan fisiknya. Pada masa ini anak tidak mau lagi diperlakukan sebagai anak-anak. Tapi diliat dari pertumbuhan fisiknya belum dapat dikatakan orang dewasa, telah terlihat jelas adanya perbedaan mencolok antara remaja pria dan remaja wanita. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan hormone.
            Pada masa remaja, didasar otak, yaitu di kelenjar hipofisis, dilepaskan hormone yang mempengaruhi pembentukan hormone berikutnya. 

1)      Remaja pria
Adanya hormone didasar otak memicu  sel-sel khusus didalam testis untuk memproduksi hormone seks androgen. Hormone androgen inilah yang berpengaruh, baik secara fisiologis, anatomis, maupun psikologis, pada remaja pria. Akibatnayakerja hormone ini, suara membesar, rambut-rambut tumbuh diwajah, seperti kumis, jenggot, dan bagian tubuh lain, testis dan penis tumbuh, serta otot-otot membesar. Produksi sperma juga dimulai. Sperma yang berlebihan akan dibuang melalui mimpi basah.

MIMPI BASAH

      Mimpi basah adalah peristiwa ejakulasi ( pengeluaran cairan kental yang disebut air mani), air mani dikeluarkan saat sedang tidur, sedangkan omani dikeluarkan saat tidak tidur ( air mani mengandung sperma), buah zakar mulai menghasilkan sperma dapat melakukan fungsi reproduksi.

2)      REMAJA WANITA

Adanya hormone didasar oak memicu sel-sel didinding telur (ovarium ) memproduksi hormone seks estrogen. Hormone estrogen berpengaruh baik secara fisiologis, anatonis, maupun psikologis. Hormone ini menyebabkan suara wanita menjadi nyaring, buah dada dan pinggul membesar, vagina dan Rahim tumbuh, munculnya jaringan lemak bawah kulit, tumbuh rambut disekitar kemaluan, dan mulai mengalami menstruasi. Ini semua merupakan tanda-tanda persiapan reproduksi. 

HAID/MENSTRUASI

      Haid/menstruasi adalah oeristiwa keluarnya darah dari kemaluan perempuan berupa luruhnya lapisan dinding dalam Rahim yang banyak mengandungpembuluh darah. Dipengaruhi oleh hormone estrogen dan progesterone, setiap bulan berlangsung antara 3-7 hari. Dinding Rahim dipersiapkan menerima sel telur yang telah dibuahi setelah terjadinya ovulasi. 

3)      CIRI-CIRI PSIKOLOGI/KEJIWAAN DAN FISIK REMAJA

Masa remaja adalah masa peralihan antara kanak-kanak dan dewasa.perubahan hormonal didalam tubuh remaja mempengaruhi psikologis dan tingkah lakunya.
Berikut beberapa beberapa ciri psikologis dan fisiknya, antara lain :

·         CIRI PSIKOLOGIS/KEJIWAANNYA
-          cenderung ingin bebas
-          ingin coba-coba
-          suka berkelompok
-          mudah terpengaruh

CIRI FISIK

Putra :
-          suara membesar atau berubah
-          jakun membesar
-          tumbuh rambut diketiak dan sekitar kemaluan
-          khitan untuk budaya orang timur
-          mimpi basah

putri :
-          payudara membesar
-          pinggul membesar
-          tumbuh rambut diketiak dan kemaluan
-          haid/menstruasi

MASA DEWASA ( 19-40 TAHUN )

            Masa dewasa dimulai pada usia Sembilan belas tahun. Secar biologis, masa dewasa ditandai dengan kesiapan bereproduksi dan secara psikologis memliki kesiapan dan kematangan mental
            Pertumbuhab fisik secara memanjang ( bertambah tingg ) masi berlangsung hingga usua 22 tahun. Biasanya tinggi dan berat badan konstan dan mulai bertambah berat setelah usia 32 tahun. Kematangan mental pria dicapai setelah usia 25 tahun, sedangkan wanita kematangan mental lebih cepat. 

MASA MANULA (>40 TAHUN )

            Manula(manusia lanjut usia) dimulai pada usia 40 tahun. Pada masa ini terjadi kemunduran organ-organ tubuh. Organ tubuh yang sering mengalami kemunduran adalah mata, telinga dan otot. Pada wanita , biasanya estrigen menurun sejak usia 40 tahun, akibatnya, terjadi menopause, yaitu masa berhentinya haid/menstruasi, kemampuan bereproduksi menurun dan jika terjadi kehamilan, biasanya bayi lahir cacat.
            Menurunnya estrigen juga berpengaruh pada bagian tubuh lain. Kekenyalan wajah menurun, terjadi pengeroposan tulang ( osteoporosis). Kekurangan estrogen dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan dari kedelai seperti tahu dan tempe.
Pada pria, kemampuan menghasilkan sperma berlanjut terus tanpa batas. Tapi kualitas sperma menurun. Bayi yang dihasilkan dari pria manula sering mengalami kelainan fisik dan mental.


Pendekatan classical
Proses belajar dan pembentukan prilaku melalui classical counditioning dan operant conditioning dengan menitik beratkan perilaku pada pemberian reward dan punishment
Learning atau belajar merupakan perubahan prilaku yang dapat diamati yang relative permanen yang bersumber dari pengalaman melalui lingkungan. ( barker dalam  wortman, 1999).



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar