Jumat, 07 Oktober 2016

TELAAH KURIKULUM, TUGAS 3, TGL 07-10-2016



PENGEMBANGAN SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

PENGERTIAN SILABUS

  • Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, Indikator,materi pokok/pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

  •   Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan pencapaian kompetensi untuk penilaian.

PENGEMBANG SILABUS

  1. Guru kelas/mata pelajaran, atau
  2. Kelompok guru kelas/mata pelajaran, atau
  3. Kelompok kerja guru (KKG/MGMP), atau
  4. Dinas Pendidikan

PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS
  1. Ilmiah
  2. Relevan
  3. Sistematis
  4. Konsisten
  5. Memadai
  6. Aktual dan Konseptual
  7. Fleksibel
  8. Menyeluruh

TAHAPAN PENGEMBANGAN SILABUS
  1. Perencanaan
  2. Pelaksanaan
  3. Perbaikan
  4. Pemantapan
  5. Penilaian Pelaksanaan

KOMPONEN SILABUS
-          Identitas
-          Standar Kompetensi
-          Kode Standar Kompetensi
-          Kompetensi Dasar
-          Indikator
-          Materi Pembelajaran
-          Kegiatan Pembelajaran
-          Penilaian
-          Alokasi Waktu
-          Sumber Belajar

KOMPETENSI DASAR

Kompetensi dasar merupakan sejumlah tugas/ kemampuan untuk mendukung ketercapaian standar kompetensi 
KD diambil dari Permendiknas No 22 tahun 2006 (N+A)
Permendiknas No.... Tahun 2009 (P)

INDIKATOR

      Setiap KD dikembang menjadi beberapa indikator (minimal 2)
      Keseluruhan Indikator merupakan penanda,  pencapaian kompetensi dasar
      Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan  potensi daerah
      Tingkat kata kerja Indikator setara dan  tidak melebihi rumusan kompetensi dasar
      Rumusannya menggunakan kerja operasional yang  terukur dan/atau dapat diobservasi.
      Digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. 

MATERI PEMBELAJARAN

      Merupakan  lingkup rujukan yang dibutuhkan siswa untuk memenuhi pencapaian KD
      Memiliki Keterkaitan dengan indikator
      Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan;
      Memperhatikan struktur keilmuan dan struktur Kompetensi
      Relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan

KEGIATAN PEMBELAJARAN

      Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental, fisik  dan emosimelalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi
      Pendekatan pembelajaran yang bervariasi danmengaktifkan peserta didik.
      Memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.

PENILAIAN
Metode penilaian yang digunakan dalam bentuk tes dan non tes disesuaikan dengan karakteristik indikator antara lain; tes tertulis, tes lisan, pengamatan kinerja, proyek atau produk portofolio dan penilaian sikap,.
ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu adalah estimasi jumlah jam pembelajaran yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar yang dirinci ke dalam jumlah jam pembelajaran untuk tatap muka (teori), praktik di sekolah, dan praktik di industri
Jam yang tanpa kurung menunjuk jam setara dengan tatap muka
SUMBER BELAJAR
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar