PENGEMBANGAN SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PENGERTIAN SILABUS
- Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, Indikator,materi pokok/pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
- Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan pencapaian kompetensi untuk penilaian.
PENGEMBANG SILABUS
- Guru kelas/mata pelajaran, atau
- Kelompok guru kelas/mata pelajaran, atau
- Kelompok kerja guru (KKG/MGMP), atau
- Dinas Pendidikan
PRINSIP
PENGEMBANGAN SILABUS
- Ilmiah
- Relevan
- Sistematis
- Konsisten
- Memadai
- Aktual dan Konseptual
- Fleksibel
- Menyeluruh
TAHAPAN PENGEMBANGAN SILABUS
- Perencanaan
- Pelaksanaan
- Perbaikan
- Pemantapan
- Penilaian Pelaksanaan
KOMPONEN SILABUS
-
Identitas
-
Standar
Kompetensi
-
Kode Standar
Kompetensi
-
Kompetensi
Dasar
-
Indikator
-
Materi
Pembelajaran
-
Kegiatan
Pembelajaran
-
Penilaian
-
Alokasi Waktu
-
Sumber Belajar
KOMPETENSI
DASAR
Kompetensi
dasar merupakan sejumlah tugas/ kemampuan untuk mendukung ketercapaian
standar kompetensi
KD diambil dari Permendiknas No 22 tahun 2006 (N+A)
Permendiknas No.... Tahun 2009 (P)
INDIKATOR
•
Setiap
KD dikembang menjadi beberapa indikator (minimal 2)
•
Keseluruhan
Indikator merupakan penanda, pencapaian
kompetensi dasar
•
Indikator
dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan,
dan potensi daerah
•
Tingkat
kata kerja Indikator setara dan tidak
melebihi rumusan kompetensi dasar
•
Rumusannya
menggunakan kerja operasional yang
terukur dan/atau dapat diobservasi.
•
Digunakan
sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
MATERI PEMBELAJARAN
•
Merupakan lingkup rujukan yang dibutuhkan siswa untuk
memenuhi pencapaian KD
•
Memiliki Keterkaitan dengan indikator
•
Relevansi
dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan;
•
Memperhatikan
struktur keilmuan dan struktur Kompetensi
•
Relevan
dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Kegiatan
pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan
proses mental, fisik dan emosimelalui
interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi
•
Pendekatan
pembelajaran yang bervariasi danmengaktifkan peserta didik.
•
Memuat
kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
PENILAIAN
Metode penilaian yang
digunakan dalam bentuk tes dan non tes disesuaikan dengan karakteristik indikator
antara lain; tes tertulis, tes lisan, pengamatan kinerja, proyek atau produk
portofolio dan penilaian sikap,.
ALOKASI
WAKTU
Alokasi waktu adalah
estimasi jumlah jam pembelajaran yang diperlukan untuk mencapai kompetensi
dasar yang dirinci ke dalam jumlah jam pembelajaran untuk tatap muka (teori),
praktik di sekolah, dan praktik di industri
Jam yang tanpa kurung menunjuk jam setara dengan
tatap muka
SUMBER
BELAJAR
Sumber belajar adalah
rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, dapat
berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam,
sosial, dan budaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar