PSIKOLOGI WARNA
Alam di sekitar kita menyajikan
warna-warni yang sangat kaya, lebih kaya dari sekedar warna pelagi
mejikuhibiniu. Psikologi warna mempelajari dan mengidentifikasi
persepsi manusia terhadap warna-warni benda yang ada di alam. Suasana hati seseorang
bisa pula terpengaruh dengan adanya warna yang tertangkap indera penglihatan.
Untuk itu, biarkan warna bicara apa
adanya.
Konon warna memiliki korelasi
dengan karakter seseorang. Sehingga sebuah institusi bisnis
biasanya mempunyai corporate color, sebuah negara juga memiliki color
of nation yang umumnya tercermin pada bendera nasional mereka. Demikian
pula partai-partai politik menggunakan simbol-simbol warna untuk
menunjukkan identifikasi dan eksistensi di benak para pengikutnya.
Orang menyebut dengan istilah psikologi
warna untuk meng-artikulasi persepsi manusia terhadap warna yang
terlihat oleh mata. Setiap warna akan memberikan kesan dan kemudian
dipersepsikan secara unik oleh pikiran orang yang sedang melihatnya. Demikian
pula warna-warna alam yang ada di sekeliling kita, seakan mampu
berbicara dan mempengaruhi suasana hati seseorang.
Darwis Triadi, seorang fotografer
terkenal di negeri ini di dalam bukunya “Color Vision” mengungkapkan
bahwa: “Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa
menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan
keberingasan dan kekacauan.”
Konon warna-warna yang ada di alam,
mampu memunculkan persepsi psikologis yang unik sebagai berikut:
Dalam menampilkan suatu media ,
warna mempunyai peran yang sangat pentig untuk desain grafis , karena warna
mempunyai efek psikologis terhadap yang melihatnya dan dapat memberikan kesan
kesan tertentu. Oleg sebab itu sebelum membuat desain kita harus memberikan
kesan yang akan ditampilkan dalam desain desain tersebut . Berikut beberapa
psikologi warna dan efeknya pada pada desain grafis
Warna merah, arti warna merah adalah warna psikologis yang hangat dan positif, warna yang
sangat menarik perhatian dan menyerukan untuk segera mengambil tindakan. Dalam
psikologi arti warna Warna merah berarti energi, gairah, action, kekuatan dan
kegembiraan.
Warna merah merangsang indra fisik seperti nafsu makan,
nafsu dan gairah seksual. Meskipun sering digunakan untuk mengungkapkan cinta,
arti warna Warna merah lebih berhubungan untuk gairah seksual dan nafsu – pink
lebih berhubungan dengan romantisme cinta daripada Warna merah.
Warna merah mewakili energi maskulin, sedangkan versi lebih
lembut, Warna merah muda, terkait dengan energi feminin. Warna merah, tanda
universal bahaya dan peringatan, juga dapat menampilkan dan membuat agresivitas
dan kemarahan, terutama jika digunakan secara berlebihan dalam aplikasi yang
salah.
Secara psikologis warna merah merangsang dan memberi energi pada tubuh, termasuk saraf
dan sirkulasi darah, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Hal ini
merangsang nafsu makan dan dengan demikian merupakan warna dominan untuk
digunakan bagi setiap produk yang berhubungan dengan makanan dan layanan,
termasuk restoran dan bisnis makanan yang tidak makan ditempat alias dibawa
pulang.
Warna merah menggairahkan dan memotivasi namun lebih dapat
menyebabkan kecemasan dan kelelahan. Ini juga memiliki konotasi negatif yang
terkait dengan darah, perang dan kekerasan.
Pasangan warna yang paling melengkapi dan menyeimbangkan
Warna merah adalah biru muda (turquoise), meskipun hijau atau biru juga bisa
menciptakan keseimbangan.
Warna Oranye, arti warna oranye adalah warna hangat, bersemangat dan flamboyan. Ini adalah
energi yang dikombinasikan dengan menyenangkan, warna bagi si pengambil risiko,
yang ekstrovert dan tanpa hambatan. Dalam psikologi warna oranye berarti
petualangan, optimisme, rasa percaya diri dan sosialisasi.
Secara psikologis warna oranye memberikan vitalitas, mengilhami dan menciptakan
antusiasme. Hal ini merangsang nafsu makan dan percakapan sosial dan karena itu
warna oranye ini berfungsi dengan baik di restoran dan gerai makanan lainnya.
Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan beberapa bentuk oranye di dekorasi, seperti
di perabot atau pencahayaan. Ini tidak perlu menjadi warna oranye terang –
salmon, karang, terakota, dan versi lain dari jeruk akan bekerja dengan baik.
Sebuah restoran mahal akan terlihat lebih elegan dengan warna oranye.
Kombinasikan dengan warna terong, ungu, atau biru untuk tampilan yang unik,
kontemporer dan berkelas.
Secara psikologis, warna oranye memberikan kesan
keterjangkauan, tergantung pada warna yang dipilih dan kombinasinya dengan
warna lain. Oranye yang terlalu banyak dapat mencitrakan harga murah. Lebih
lembut daripada Warna merah, oranye melambangkan energi yang lebih feminin dan
energi penciptaan.
Warna Kuning, arti warna kuning adalah warna yang hangat dan bahagia yang menciptakan rasa
keceriaan dan rasa ingin bermain. Secara psikologis, warna kuning berarti
optimis, semangat dan ceria, mencerahkan semangat. Warna Kuning merangsang sisi
logis dari otak dan kejernihan mental. Ini mendorong kebijaksanaan dan
kemampuan akademik. Ini mengilhami pemikiran original dan ide-ide kreatif.
Secara psikologis warna kuning merangsang aktivitas pikiran dan mental. Hal ini
meningkatkan proses analisis dan penalaran logis kita, membantu dalam
pengambilan keputusan. Terlalu banyak kuning dapat menyebabkan kecemasan,
kegelisahan, ketakutan, agitasi dan konfrontasi terutama pada orang yang sedang
stres. Warna kuning dapat memotivasi orang untuk menjadi terlalu kritis dan
menghakimi, serta menipu.
Warna coklat, arti warna coklat secara psikologis dikaitkan dengan kekuatan dan
solidaritas, kenyamanan dan membumi, kematangan dan kehandalan.
Secara psikologis warna coklat memberikan orang baik kepastian dan kenyamanan atau
perasaan kekotoran dan sesak napas. Warna coklat berkaitan dengan perolehan
harta benda yang berarti keamanan dan keselamatan, kenyamanan dan
kesederhanaan. Warna coklat menunjukkan daya tahan, tugas dan stabilitas. Hal
ini terkait dengan alam, yang praktis dan down-to-earth dan keutuhan keluarga.
Banyak pria mencintai cokelat karena keamanan, kekuatan dan
kepraktisan. Kadang-kadang warna coklat dianggap sebagai warna netral, meskipun
versi lebih ringan dari itu, seperti krem dan taupe cenderung bekerja lebih
baik sebagai latar belakang netral daripada nuansa yang lebih coklat tua.
Sadarilah bahwa banyak, khususnya perempuan, menemukan cokelat menjadi
membosankan dan terlalu bersahaja, bahkan kotor.
Warna Putih, arti warna putih secara psikologi adalah warna awal yang baru. Ini adalah
kanvas kosong yang menunggu untuk ditulis. Sementara putih tidak merangsang
bagi indra, ini akan membuka jalan bagi penciptaan apa pun pikiran dapat
asilkan.
Secara psikologis warna putih menenangkan karena menciptakan kesederhanaan, organisasi
dan efisiensi dari kekacauan. Ini membersihkan jalan ke depan. Fitur dasar
warna putih adalah kesetaraan, keadilan dan menyiratkan ketidakberpihakan,
netralitas dan independensi. Ini adalah warna yang menenangkan membantu
menciptakan ketertiban dan kemampuan.
Warna Putih menguatkan segala sesuatu dan jika terlalu
banyak dapat memberikan kesan sterilitas, ketidaktertarikan, dan dingin. Warna
Putih berguna dalam bisnis di mana kebersihan sangat penting, seperti klinik
gigi dan pusat kesehatan, tetapi bisnis ini perlu beberapa hijau atau merah
muda untuk membantu dalam penyembuhan dan untuk menciptakan suasana tenang dan
suasana kepedulian dalam merawat pasien.
Warna abu-abu, arti warna abu-abu adalah warna konservatif menandakan netralitas,
ketidakpedulian.
Secara psikologis warna abu-abu dapat menguras energi Anda, akan menyedihkan atau
menggembirakan, tergantung pada seberapa banyak ringan dan putih dalam abu-abu.
Abu-abu gelap yang lebih menyedihkan daripada abu-abu terang.
Warna abu-abu berfungsi sebagai latar belakang yang baik
untuk warna lain karena tidak menarik perhatian, memungkinkan warna lain untuk menonjol.
Warna abu-abu menyarankan keamanan, kehandalan,
kesederhanaan, kedewasaan. Hal ini dapat berarti bahwa Anda tidak dapat membuat
keputusan, pasif, bahwa Anda tidak memiliki pendapat pada hal apa pun. Warna
abu-abu sangat kurang energi, melainkan tidak meyakinkan atau menenangkan,
tidak merangsang atau menarik, tidak menyenangkan atau mengundang. Perlu
dikombinasikan dengan warna lain untuk memberikan semangat, energi dan
kehidupan.
Warna hitam, arti warna hitam berarti otoritas, kekuasaan dan kontrol. Dalam banyak
situasi dapat mengintimidasi, tidak bersahabat dan sulit didekati. Atau, dapat
dilihat sebagai canggih, bermartabat dan serius.
Secara psikologis Warna hitam mengintimidasi dan mengontrol, meskipun kekuatannya dapat
menanamkan kepercayaan. Warna hitam menciptakan suasana misteri dan
kerahasiaan. Dalam jumlah yang sangat kecil itu bisa menambah kekuatan dan
kepercayaan diri tanpa menjadi tertahankan.
Warna hitam disukai oleh pasar anak muda berusia sekitar 16
sampai 25, yang masih berusaha untuk menemukan identitas jati diri mereka dan
pengakuan. Mereka yang berorientasi prestasi dan ambisius juga mendukung Warna
hitam.
Papan Warna hitam dan tulisan didalamnya yang berwarna
merah, hijau zamrud, magenta, atau biru terang, atau emas, perak atau putih
akan membuat kesan dramatis. Kemasan Warna hitam dapat membuat item terlihat
mahal dan berbobot.
Warna Krem
Warna krem merepresentasikan kelembutan dan klasik. |
Arti Warna Silver
Warna ini menciptakan kesan glamour, mahal, dan kemilau sesuai dengan karakter silver atau perak. |
Arti Warna Hijau
Hijau merupakan representasi warna alam, dedaunan, kesegaran, relaksasi, harmoni, alami, sejuk, bersifat menenangkan. |
Arti Warna Ungu (Perpaduan warna merah dan biru)
Ungu adalah warna bangsawan, aristokrat, kekuasaan, keagungan, keindahan dan kelembutan |
Arti
Warna Pink
Pink adalah warna yang melambangkan cinta, romantisme dan eksentrik.
Warna pink sering dipersepsi warna wanita atau feminim.
Pink adalah warna yang melambangkan cinta, romantisme dan eksentrik.
Warna pink sering dipersepsi warna wanita atau feminim.
Arti
Warna Biru
Biru adalah warna langit dan laut.
Memberi kesan luas pada ruangan, kesejukan, dingin damai, dan menenangkan fikiran.
Biru adalah warna langit dan laut.
Memberi kesan luas pada ruangan, kesejukan, dingin damai, dan menenangkan fikiran.
Ada berjuta warna di dunia,
rasanya mustahil kita memberi nama setiap warna yang ada. Jenis warna yang
mudah dikenali dan sangat familier adalah warna pelangi: mejikuhibiniu.
Atau benda-benda yang sudah identik dengan warna, misalnya pohon coklat, jeruk
orange, logam perak, logam emas, kuning telur, kuning gading, lavender,
lembayung, dan sebagainya. Ada pula nama warna yang kurang familiar.
Kemungkinan besar anda jarang mendengar warna seperti: teal, fushia, olive,
lime, aqua, turquoise, begie, celadon, taupe, pirus dan lain-lain. Kecuali anda
sedang berada di sebuah show room mobil, dan anda sedang membaca brosur pilihan
warna cat mobil yang sering menggunakan nama warna yang kurang familier
seperti ini.
REFERENSI:
pixelldesign..com/artikel/209-psikologi-dan-efek-warna-pada-desain-grafis
MANGKOKO.COM/birkan warna berbicara
desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh
desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar